Senin, 15 Oktober 2012

Individu Keluarga dan Masyarakat

Individu merupakan satu makhluk hidup tunggal,diri kita sendiri kita sebut Individu,kita memiliki karakteristik memiliki kepribadian sendiri sebagai makhluk individu.Tapi sebagai Individu kita tidak bisa hidup sendiri karena sewajarnya Manusia itu Makhluk sosial.

Kita sebagai Individu juga harus bisa berinteraksi sebagai makhluk sosial karena tidak mungkin kita bisa memenuhi kebutuhan sendiri,karena kita juga perlu bantuan orang lain,interaksi yang pertama kali kita dapat yaitu Interaksi dalam sebuah keluarga.

Dalam ruang lingkup keluarga ini kita belajar bagaimana caranya berinteraksi,berbicara kepada orang yang umurnya lebih tua,belajar mendengarkan,belajar berfikir kritis dll.

Biasanya faktor keluarga sangat mempengaruhi karakteristik kita sendiri untuk berinteraksi pada ruang lingkup yang lebih luas misalnya saja berinteraksi dalam ruang lingkup masyarakat,keluarga yang harmonis membuat pribadi tersebut bisa dengan cepat berinteraksi dengan masyarakat ,keluarga yang tidak harmonis terkadang membuat pribadi tersebut lebih tertutup dalam masyarakat.

Di masyarakat kita harus pandai-pandai berinteraksi karena baik-buruknya, cakap atau tidaknya kita bisa dinilai oleh masyarakat,jadi sebagai makhluk Individu kita harus pintar-pintar menempatkan diri kita dalam situasi dan kondisi masyarakat tersebut.

Individu,keluarga dan masyarakat jadi merupakan sautu rantai yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya,dan kita harus bisa menjadi pribadi yang baik dimata keluarga maupun masyarakat luas,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar