Senin, 15 Oktober 2012

Penduduk Masyarakat Dan Kebudayaan

Penduduk merupakan orang yang mendiami suatu daerah,penduduk sendiri setiap harinya semakin bertambah pesat,Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di Dunia,itu menurut survey tahun 2004 silam bagaimana dengan sekarang ?

Oleh karena itu Pemerintah Indonesia sekarang sedang gencar menggrakan Program KB( Keluarga Berencana) hal ini untuk menekankan angka kelahiran diIndonesia yang semakin pesat.

Kepadatan penduduk Indonesia menyebabkan banyak orang yang bertransmigrasi kepulau yang padat penduduknya ke pulau yang sedikit penduduknya untuk mencari lahan pekerjaan, misalnya penduduk Jawa bertransmigrasi ke Pulau kalimantan.

Transmigrasi penduduk inilah yang akan menciptakan Masyarakat baru dalam suatu daerah tersebut,sekarang bukan tidak mungkin suatu daerah memiliki Masyarakat yang beragam,ada yang dari Pulau Jawa,Sumatra,Bali,Seulawesi.

Dikarenakan masyarakat yang mulai beragam maka secara tidak langsung kita akan mengenal kebudayaan antara satu pulau dengan pulau yang lain,karena Indonesia sendiri disetiap pulaunya memiliki sangat banyak Kebudayaan-kebudayaan,Masyarakat yang beragam ini akan menciptakan kombinasi kebudayaan masing-masing daerah.

Dengan Kebudayaan yang sangat banyak selaku penduduk Indonesia kita wajib melestarikannya dan menjaganya agar tetap hidup dan terus bisa dinikmati oleh orang banyak,jangan sampai ada lagi yang terdengar dari telinga kita kebudayaan milik kita diklaim oleh pihak lain,dan sebagai penduduk Indonesia sendiri kita harus bangga dengan kebudayaan yang kita miliki.Untuk itu kita harus menanamkan kebudayaan dari usia dini agar anak-anak Indonesia jaman sekarang mengenal kebudayaan yang sudah ada sejak dulu.

Dan tidak bisa dipungkiri lagi dengan masuknya era digital seperti sekarang kita harus membentengi diri kita kita harus mempunyai filter dari budaya-budaya barat yang masuk ke Indonesia,agar budaya yang kita miliki tidak habis terkikis dengan budaya barat yang sangat cepat masuknya ke Indonesia sendiri.

Jadi kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan budaya kita sendiri harus bisa melestarikannya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar