Rabu, 19 Juni 2013

Manusia dan Harapan



Manusia lebih memiliki harapan yang banyak dari makhluk lainnya karena akan mendapatkan banyak persoalan dalam hidup mereka. Pengertian harapan sendiri adalah sebagai berikut.

Pengertian Harapan

Harapan adalah segala sesuatu yang diinginkan oleh setiap makhluk terutama manusia yang dilakukan agar dapat terjadi, apabila manusia hidup tanpa mempunyai harapan maka hidup mereka sia-sia. Jadi, harapan harus berdasarkan kepercayaan pada diri sendiri maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berdoa agar harapan dapat terwujud. 

Doa adalah memohon atau meminta sesuatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan hidup, rezeki yang halal dan keteguhan iman. Dan kita diwajibkan  berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena akan selalu didengar oleh-Nya. Tentunya juga dibutuhkan kepercayaan akan dikabulkannya doa oleh Allah SWT.

Kepercayaan adalah hal yang penting karena berhubungan dengan keyakinan seseorang dengan orang lainnya, membantu untuk mengatur kompleksitas, perkembangan kapasitas aksi, dan meningkatkan kolaborasi, serta peningkatan kemampuan pembelajaran organisasi.

Harapan Dalam Berbudaya

Manusia pastinya memiliki kebudayaan mereka masing-masing terutama di Indonesia yang memiki keanekaragaman budaya yang sangat beragam, seperti harapan dari setiap adat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan mereka kepada generasi-generasi selanjutnya, menghindari konflik antar budaya agar selalu terciptanya kedamaian berbudaya serta bersosialisasi antar sesame anggota masyarakat disetiap daerahnya, dan lain-lain.

Kesimpulan

Setiap manusia pasti memiliki sebuah harapan dalam hidupnya, namun ada orang yang mau mengejar untuk mendapatkannya dan ada juga yang menyerah harapan itu karena dia merasa sudah tidak mampu mendapatkannya. Jadi, apapun harapan itu pasti akan selalu ada jalan untuk meraihnya, hanya tergantung pada bagaimana usaha dan doa kita untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar