Sabtu, 15 Juni 2013

Manusia dan Penderitaan



PENDERITAAN 

Pengertian penderitaan adalah menahan atau menanggung sesuatu yang bisa disebut juga sebagai hal yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin. Penderitan termasuk realiitas dunia dan manusia.

SIKSAAN

Di dalam kitab suci diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia di akhirat nanti, yaitu siksaan bagi orang-orang musyrik, syirik, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatin dan sebagainya. Jadi, siksaan itu dapat disebut sebagai sebuah penderitaan. Siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.


KEKALUTAN MENTAL 

Kekalutan mental yaitu penderitaan batin yang biasa disebut dalam ilmu psikologi. Secara lebih sederhana, kekalutan mental juga dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiawan akibat ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi persoalan yang mereka hadapi sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang wajar.

Tahap-tahap gangguan kejiwaan

1.      Gangguan kejiwaan nampak pada gejala-gejala kehidupan si penderita bisa jasmana maupun rokhani
2.      Usaha mempertahankan diri dengan cara negative
3.      Kekalutan merupakan titik patah dan yang bersangkutan mengalam gangguan

Sebab-sebab timbulnya kekalutan

1.      Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna
2.      terjadinya konflik sosial budaya
3.      cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial

Proses – Proses Kekalutan Mental

Proses kekalutan mental biasanya dialami seseorang yang mendorongnya kearah positif dan negatif. Positifnya, trauma jiwa yang dialami dijawab dengan baik sebagai usaha agar tetap survey dalam hidup, misalnya melakukan sholat tahaju setelah menimpa musibah. Negatifnya, trauma yang dialami diperlarutkan sehingga yang bersangkutan  mengalami fustasi, yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainya sesuatu dengan apa yang diinginkannya.


http://ade-firdiyantoro.blogspot.com/2011/05/pengaruh-penderitaan.html

Sebab – Sebab Timbulnya Penderitaan

*Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.
*Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia seperti yang dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitamya.

Pengaruh yang Akan Terjadi Apabila Orang Mengalami Penderitaan

Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul kebanyakan dapat berupa sikap negatif. 

Contohnya adalah penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, dan putus asa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar